Rabu, 09 Desember 2015

Perkembangan selama masa kanak-kanak dan remaja

Perkembangan anak masa prasekolah

Usia prasekolah 3-5 tahun
a. —Perkembangannya pesat terutama kemampuan motorik
b. —Menggunakan kemampuan fisik untuk mencapai berbagai jenis tujuan.
c. —Secara kognitif, mengembangkan pemahaman tentang kelas, menyerap informasi dalam jumlah yang sangat besar tentang dunia sosial dan fisik mereka.
d. —Pada usia 5 menuju 6 thn pembicaraannya hampir seperti orang dewasa (mengungkapkan keinginan dan kebutuhan mereka, membagikan gagasan dan pengalaman)
e. —Secara sosial, anak-anak mempelajari prilaku dan aturan yang tepat dan makin terampil dalam berinteraksi dengan anak-anak lain.  
 
 Perkembangan anak masa prasekolah

Perkembangan Fisik pada masa anak-anak awal
- —Perkembangan otot besar dan kecil
- Perkembangan otot kecil (kegiatan motorik halus) terkait gerakan-gerakan yang memerlukan ketepatan dan kecekatan seperti mengancing kemeja
-Perkembangan otot besar (kegiatan motorik kasar) melibatkan kegiatan-kegiatan berjalan dan berlari.Akhir periode prasekolah : anak dapat melakukan tugas-tugas untuk diri sendiri
Perkembangan Bahasa

Pada usia 3 tahun : anak-anak sudah menjadi pembicara terampil, akhir masa prasekolah, anak dapat menggunakan dan memahami kalimat dalam jumlah yang hampir tidak terhingga, dapat melakukan pembicaraab, dan tahu tentang bahasa tertulis. 
Anak-anak prasekolah sering bermain-main dengan bahasa atau bereksperimen dengan pola dan aturannya (Garvey, Slavin 2009) 
Perkembangan bahasa lisan sangat dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas yang dilakukan orang tua dengan anak-anak mereka. 
Anak Prasekolah dapatmembacabuku dari awal dan akhir dengan menafsirkan gambar pada  setiap halaman.
Mengenali logo-logo  pada toko dan produk terkenal.
Kemapuan menulis muncul dari coretan-coretan sebelumnya dan pertama-tama tersebar dengan acak diseluruh halaman. 
Anak-anak menemukan ejaan dengan melakukan penilaian tentang bunyi dan dengan menghubungkan bunyi yang mereka dengar dengar dengan huruf yang mereka kenal.
 
Jenis program Pendidikan masa anak awal
-) —Penitipan anak
-) Prasekolah
-) Taman Kanak-kanak
 
Perkembangan Anak Masa Sekolah Dasar
Perkembangan Fisik 
a. —Perkembangan fisik mengalami perlambatan kalau dibandingkan dengan masa anak-anak awal. 
b. —Anak-anak berubah relatif lebih sedikit dalam ukuran tubuh selama masa Sekolah Dasar (SD) 
c. —Anak perempuan sedikit lebih pendek dan lebih ringan daripada laki-laki hingga usia sekitar 9 tahun. 
d. —Perkembangan otot dikalahkan perkembangan tulang dan kerangka.  
 
Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Lanjutan Tingkat  Pertama dan Atas 
Perkembangan Fisik 
- —Dimulai dengan pubertas (Serangkaian perubahan psikologis yang mengakibatkan organisme yang tidak matang sanggup bereproduksi)
- Purbetas wanita dimulai 1 atau 2 tahun lebih awal daripada pria rata-rata 
 
Perkembangan Kognitif 
- Tahap peralihan dari penggunaan operasi konkret ke penerapan operasi formal dalam penalaran. 
- Remaja mulai menyadari keterbatasan pemikiran mereka. 
- Adanya pertumbuhan pengertian dan kemampuan yang menetap. 
- Piaget menemukan penggunaan operasi formal (ciri: karakteristik hipotetsi-deduktif) bergantung pada ketidakasingan pelajar dengan satu mata pelajaran tertentu  
 
Perkembangan Sosioemosional 
- —Anak-anak pada kelas akhir sekolah dasar beruoaya untuk tampil dewasa. 
- Mereka menginginkan orang tua memperlakukan berbeda, 
- Mereka berpendapat orang tua mereka tidak memahami mereka. 
- Keanggotaan dalam kelompok cenderung dapat meningkatkan harga diri dan penolakan dapat menimbulkan persoalan serius. 
- Kadang-kadang siswa akan menceritakan kepada gurunya  informasi pribadi yang tidak mereka ceritakan kepada orangtuanya. 
- Beberapa anak pra remaja memilih guru sebagai panutan, namun pada saat yang sama beberapa pra-remaja membantah guru. 
- Pada saat Remaja awal munculnya kehadiran relektivitas (kecenderungan untuk memikirkan apa yang terjadi dalam pikiran sendiri dan untuk mempelajari diri sendiri).      
 
Konsep Diri dan Harga Diri 
 
- Konsep diri dan harga diri berubaha ketika memasuki masa remaja. 
- Harga diri mengalami fluktuasi dan perubahan selama masa remaja. 
- Harga diri mencapai titik terendah ketika sekolah lanjutan tingkat pertama dan awal pubertas. 
- Anak perempuan yang mengalami kedewasaan dini cenderung menderita penurunan harga diri yang paling dramatis dan berlangsung lama. 
- Anak perempuan remaja mempunya harga diri yang lebih rendah daripada anak laki-laki ( Marsh, Slavin 2009).
- Harga diri atau penilaian tentang nilai diri dipengaruhi oleh penampilan fisik dan penerimaan sosial teman-teman sebaya 
 
Hubungan Sosial  
 
Perubahan hakikat persahabatan terjadi 
Remaja menghabiskan waktu dengan teman-temannya lebih banyak daripada dengan orangtua dan keluarga. 
Siswa yang mempunyai persahabat yang baik akan menunjukkan tingkat harga diri yang tinggi, kurang merasa kesepian, mempunyai kemapuan sosial yang lebih matang, dan tampil yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mempunyai persahabatan yang mendukung (Kerr, et al (Slavin, 2009)). 
 
Perkembangan Emosional   
 
1. Adanya ketakutan tidak diterima ke dalam kelompok sebaya, tidak mempunyai teman terbaik, dihukum orang tua, mempunyai orang tua yang bercerai, dan tidak tampil dengan baik di sekolah.
2. Kemarahan(ketakutan tidak sanggup untuk mengendalikannya), rasa bersalah, frustasi, dan kecemburuan
 
Masalah-masalah Usia Remaja  
 
-) Gangguan Emosional 
-) —Gertakan 
-) —Putus Sekolah 
-) —Penyalahgunaan obat-obatan dan Alkohol 
-) —Kenakalan 
-) —Resiko kehamilan 
-) —Resiko penyakit menular seksual 
-) —Identitas seksual  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar